kecilkan semua  

Teks -- Ibrani 10:1-17 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Persembahan yang sempurna
10:1 Di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hakekat dari keselamatan itu sendiri. Karena itu dengan korban yang sama, yang setiap tahun terus-menerus dipersembahkan, hukum Taurat tidak mungkin menyempurnakan mereka yang datang mengambil bagian di dalamnya. 10:2 Sebab jika hal itu mungkin, pasti orang tidak mempersembahkan korban lagi, sebab mereka yang melakukan ibadah itu tidak sadar lagi akan dosa setelah disucikan sekali untuk selama-lamanya. 10:3 Tetapi justru oleh korban-korban itu setiap tahun orang diperingatkan akan adanya dosa. 10:4 Sebab tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapuskan dosa. 10:5 Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: "Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki -- tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku --. 10:6 Kepada korban bakaran dan korban penghapus dosa Engkau tidak berkenan. 10:7 Lalu Aku berkata: Sungguh, Aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang Aku untuk melakukan kehendak-Mu, ya Allah-Ku." 10:8 Di atas Ia berkata: "Korban dan persembahan, korban bakaran dan korban penghapus dosa tidak Engkau kehendaki dan Engkau tidak berkenan kepadanya" -- meskipun dipersembahkan menurut hukum Taurat --. 10:9 Dan kemudian kata-Nya: "Sungguh, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu." Yang pertama Ia hapuskan, supaya menegakkan yang kedua. 10:10 Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus. 10:11 Selanjutnya setiap imam melakukan tiap-tiap hari pelayanannya dan berulang-ulang mempersembahkan korban yang sama, yang sama sekali tidak dapat menghapuskan dosa. 10:12 Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah, 10:13 dan sekarang Ia hanya menantikan saatnya, di mana musuh-musuh-Nya akan dijadikan tumpuan kaki-Nya. 10:14 Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan. 10:15 Dan tentang hal itu Roh Kudus juga memberi kesaksian kepada kita, 10:16 sebab setelah Ia berfirman: "Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan mereka sesudah waktu itu," Ia berfirman pula: "Aku akan menaruh hukum-Ku di dalam hati mereka dan menuliskannya dalam akal budi mereka, 10:17 dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan mereka."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ibr 10:1 - KORBAN YANG SAMA ... TERUS-MENERUS DIPERSEMBAHKAN. Nas : Ibr 10:1 Pembahasan mengenai maksud-maksud upacara korban PL, dapat dilihat dalam lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.

Nas : Ibr 10:1

Pembahasan mengenai maksud-maksud upacara korban PL, dapat dilihat dalam

lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.

Full Life: Ibr 10:4 - DARAH LEMBU JANTAN. Nas : Ibr 10:4 Darah binatang hanyalah merupakan persediaan atau pendamaian sesaat bagi dosa-dosa umat itu; pada hakikatnya, diperlukan manusia unt...

Nas : Ibr 10:4

Darah binatang hanyalah merupakan persediaan atau pendamaian sesaat bagi dosa-dosa umat itu; pada hakikatnya, diperlukan manusia untuk dipersembahkan sebagai pengganti seluruh umat manusia

(lihat art. HARI PENDAMAIAN).

Oleh karena itu Kristus datang ke bumi dan lahir sebagai manusia supaya Ia dapat mempersembahkan diri-Nya sebagai kurban menggantikan kita

(lihat cat. --> Ibr 2:9;

lihat cat. --> Ibr 2:14).

[atau ref. Ibr 2:9,14]

Selanjutnya, hanya seorang yang bebas dari dosa yang dapat mengambil alih hukuman atas dosa-dosa kita (Ibr 2:14-18; 4:15) sehingga dengan demikian memuaskan secara sempurna tuntutan kekudusan Allah (bd. Rom 3:25-26).

Full Life: Ibr 10:5-10 - KORBAN DAN PERSEMBAHAN. Nas : Ibr 10:5-10 Mazm 40:7-9 dikutip untuk membuktikan bahwa korban Yesus Kristus yang dilakukan dengan sukarela dan taat itu merupakan korban yan...

Nas : Ibr 10:5-10

Mazm 40:7-9 dikutip untuk membuktikan bahwa korban Yesus Kristus yang dilakukan dengan sukarela dan taat itu merupakan korban yang lebih baik daripada korban binatang dalam PL;

lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.

Full Life: Ibr 10:14 - TELAH MENYEMPURNAKAN UNTUK SELAMA-LAMANYA MEREKA YANG IA KUDUSKAN. Nas : Ibr 10:14 Korban satu-satunya yang dipersembahkan Kristus di salib dan manfaatnya (yaitu, keselamatan sempurna) berhasil guna untuk selama-la...

Nas : Ibr 10:14

Korban satu-satunya yang dipersembahkan Kristus di salib dan manfaatnya (yaitu, keselamatan sempurna) berhasil guna untuk selama-lamanya. Keselamatan sempurna di dalam Kristus diberi kepada semua orang yang dikuduskan ketika menghampiri Allah melalui Kristus (ayat Ibr 10:22; 7:25). Perhatikan bahwa kata Yunani yang diterjemahkan "dikuduskan" dalam ayat ini dan ayat Ibr 10:10 adalah partisip bentuk masa kini, yang berarti menekankan tindakan berkelanjutan pada masa sekarang.

Jerusalem: Ibr 10:4 - -- Dengan melampaui tuntutan-tuntutan para nabi yang menekankan perlunya hati bersih buat beribadat, Yes 1:11-13; Yer 6:20; 11:15; Hos 6:6; Amo 5:21-25, ...

Dengan melampaui tuntutan-tuntutan para nabi yang menekankan perlunya hati bersih buat beribadat, Yes 1:11-13; Yer 6:20; 11:15; Hos 6:6; Amo 5:21-25, surat Ibrani menyatakan bahwa korban-korban dahulu sama sekali tidak berdaya, bdk Ibr 9:13-14. Hanya korban Kristus yang seluruhnya rohani mampu menguduskan manusia, Ibr 10:12-14.

Ende: Ibr 10:1 - Harta-harta dunia jang akan datang jaitu segalanja jang akan dinikmati dalam bahagia surgawi jang abadi.

jaitu segalanja jang akan dinikmati dalam bahagia surgawi jang abadi.

Ende: Ibr 10:5-11 - -- Dengan kutipan dari Maz 40:7-9 ini pengarang hendak membuktikan bahwa inti dan hakekat kurban Jesus ialah ketaatan kepada BapaNja, dan bahwa ketaatan ...

Dengan kutipan dari Maz 40:7-9 ini pengarang hendak membuktikan bahwa inti dan hakekat kurban Jesus ialah ketaatan kepada BapaNja, dan bahwa ketaatan ini djauh lebih berharga daripada segala kurban ibadat Jahudi. Bdl. Ibr 5:8 dan Fili 4:18:

Ende: Ibr 10:12 - Tetap duduk Duduk, tetapi tetap djuga melandjutkan pengurbananNja disalib sebagai "leiturgos" didalam kemah Allah disurga. Ia tunggu sampai hasil pengurbananNja p...

Duduk, tetapi tetap djuga melandjutkan pengurbananNja disalib sebagai "leiturgos" didalam kemah Allah disurga. Ia tunggu sampai hasil pengurbananNja penuh. Bdl. Ibr 7:24-25; 9-24 dan Rom 8:34.

Ende: Ibr 10:13 - Musuh MusuhNja ialah dosa dan segala kakitangan dosa, seperti para penentang Indjil.

MusuhNja ialah dosa dan segala kakitangan dosa, seperti para penentang Indjil.

Ende: Ibr 10:14 - Menjempurnakan Dari pihak Kristus penjelamatan umat manusia selesai, tetapi belum dalam masing-masing manusia. Mereka masih harus dikuduskan terus-menerus dengan rah...

Dari pihak Kristus penjelamatan umat manusia selesai, tetapi belum dalam masing-masing manusia. Mereka masih harus dikuduskan terus-menerus dengan rahmat jang dianugerahkan sebagai buah hasil kurban Jesus disalib.

Ende: Ibr 10:16-17 - -- Bandinglah Ibr 5:8-12.

Bandinglah Ibr 5:8-12.

Ref. Silang FULL: Ibr 10:1 - terdapat bayangan // dari keselamatan // itu sendiri // mungkin menyempurnakan // mengambil bagian · terdapat bayangan: Kol 2:17; Ibr 8:5 · dari keselamatan: Ibr 9:11 · itu sendiri: Ibr 9:23 · mungkin menyempurnakan: Ibr ...

· terdapat bayangan: Kol 2:17; Ibr 8:5

· dari keselamatan: Ibr 9:11

· itu sendiri: Ibr 9:23

· mungkin menyempurnakan: Ibr 10:4,11; Ibr 7:19; [Lihat FULL. Ibr 7:19]

· mengambil bagian: Ibr 7:19; [Lihat FULL. Ibr 7:19]

Ref. Silang FULL: Ibr 10:2 - akan dosa · akan dosa: Ibr 9:9

· akan dosa: Ibr 9:9

Ref. Silang FULL: Ibr 10:3 - adanya dosa · adanya dosa: Im 16:34; Ibr 9:7

· adanya dosa: Im 16:34; Ibr 9:7

Ref. Silang FULL: Ibr 10:4 - domba jantan // menghapuskan dosa · domba jantan: Ibr 9:12,13 · menghapuskan dosa: Ibr 10:1,11

· domba jantan: Ibr 9:12,13

· menghapuskan dosa: Ibr 10:1,11

Ref. Silang FULL: Ibr 10:5 - ke dunia // tubuh bagiku · ke dunia: Ibr 1:6 · tubuh bagiku: Ibr 2:14; 1Pet 2:24

· ke dunia: Ibr 1:6

· tubuh bagiku: Ibr 2:14; 1Pet 2:24

Ref. Silang FULL: Ibr 10:7 - gulungan kitab // ya Allah-Ku · gulungan kitab: Ezr 6:2; Yer 36:2 · ya Allah-Ku: Mazm 40:7-9; Mat 26:39; Mat 26:39

· gulungan kitab: Ezr 6:2; Yer 36:2

· ya Allah-Ku: Mazm 40:7-9; Mat 26:39; [Lihat FULL. Mat 26:39]

Ref. Silang FULL: Ibr 10:8 - berkenan kepadanya · berkenan kepadanya: Ibr 10:5,6; Mr 12:33; Mr 12:33

· berkenan kepadanya: Ibr 10:5,6; Mr 12:33; [Lihat FULL. Mr 12:33]

Ref. Silang FULL: Ibr 10:9 - melakukan kehendak-Mu · melakukan kehendak-Mu: Ibr 10:7

· melakukan kehendak-Mu: Ibr 10:7

Ref. Silang FULL: Ibr 10:10 - telah dikuduskan // untuk selama-lamanya // persembahan tubuh · telah dikuduskan: Ibr 10:14; Ef 5:26; Ef 5:26 · untuk selama-lamanya: Ibr 7:27; Ibr 7:27 · persembahan tubuh: Ibr 2:14; 1Pet 2:...

· telah dikuduskan: Ibr 10:14; Ef 5:26; [Lihat FULL. Ef 5:26]

· untuk selama-lamanya: Ibr 7:27; [Lihat FULL. Ibr 7:27]

· persembahan tubuh: Ibr 2:14; 1Pet 2:24

Ref. Silang FULL: Ibr 10:11 - mempersembahkan korban // menghapuskan dosa · mempersembahkan korban: Ibr 5:1 · menghapuskan dosa: Ibr 10:1,4

· mempersembahkan korban: Ibr 5:1

· menghapuskan dosa: Ibr 10:1,4

Ref. Silang FULL: Ibr 10:12 - karena dosa // kanan Allah · karena dosa: Ibr 5:1 · kanan Allah: Mr 16:19; Mr 16:19

· karena dosa: Ibr 5:1

· kanan Allah: Mr 16:19; [Lihat FULL. Mr 16:19]

Ref. Silang FULL: Ibr 10:13 - tumpuan kaki-Nya · tumpuan kaki-Nya: Yos 10:24; Ibr 1:13

· tumpuan kaki-Nya: Yos 10:24; Ibr 1:13

Ref. Silang FULL: Ibr 10:14 - telah menyempurnakan // Ia kuduskan · telah menyempurnakan: Ibr 10:1 · Ia kuduskan: Ibr 10:10; Ef 5:26; Ef 5:26

· telah menyempurnakan: Ibr 10:1

· Ia kuduskan: Ibr 10:10; Ef 5:26; [Lihat FULL. Ef 5:26]

Ref. Silang FULL: Ibr 10:15 - memberi kesaksian · memberi kesaksian: Ibr 3:7; Ibr 3:7

· memberi kesaksian: Ibr 3:7; [Lihat FULL. Ibr 3:7]

Ref. Silang FULL: Ibr 10:16 - akal budi · akal budi: Yer 31:33; Ibr 8:10

· akal budi: Yer 31:33; Ibr 8:10

Ref. Silang FULL: Ibr 10:17 - lagi mengingat · lagi mengingat: Yer 31:34; Ibr 8:12

· lagi mengingat: Yer 31:34; Ibr 8:12

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Ibr 8:1--10:18 - -- 2. Pelayanan yang lebih baik (8:1-10:18) Kalau di atas imamat dan Imam Besar dibicarakan, di dalam bagian ini pelayanan dari Imam Besar kita dibicara...

2. Pelayanan yang lebih baik (8:1-10:18)

Kalau di atas imamat dan Imam Besar dibicarakan, di dalam bagian ini pelayanan dari Imam Besar kita dibicarakan.

a. Pendahuluan pada pelayanan yang lebih baik (8:1-6)

Hagelberg: Ibr 7:1--10:18 - -- C. Imam yang lebih baik dengan Pelayanan yang lebih baik (7:1-10:18) Inti dari bagian ini ialah: Imam Besar yang kita punya adalah sangat mulia. Ayat...

C. Imam yang lebih baik dengan Pelayanan yang lebih baik (7:1-10:18)

Inti dari bagian ini ialah: Imam Besar yang kita punya adalah sangat mulia.

Ayat terakhir dari pasal 6 menyebut peraturan Melkisedek, dan kata-kata itu menjadi suatu peralihan untuk bagian ini di mana Yesus dikaitkan dengan Melkisedek. Kejadian 14 merupakan latar belakang dari diskusi ini.

Hagelberg: Ibr 5:1--10:39 - -- III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39) Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbis...

III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)

Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbiskan sebagai Raja oleh Allah, memiliki suatu posisi dan masa depan yang sangat mulia, dan 2) bahwa kita yang mengikuti Dia dengan setia akan menikmati suatu kemenangan/warisan yang mulia. Di dalam bagian itu Yesus direnungkan terutama sebagai Raja kita yang merintis kemenangan. Di dalam bagian yang kedua ini Yesus akan direnungkan terutama sebagai Imam Besar kita. Bukannya unsur ini tidak ada di dalam bagian pertama. Ada juga unsur ini (2:17, 3:1-6, dan 4:14-16), tetapi tidak menonjol sebagai tema utama. Sekarang, di dalam bagian kedua ini, peranan Yesus sebagai Imam Besar kita akan direnungkan, dan, sama dengan apa yang ada dalam bagian pertama, beberapa peringatan akan disisipkan di dalam renungan ini.

Pada hakekatnya bagian ini (pasal 5-10) berkata bahwa Yesus adalah Imam Besar Agung, yang layak, yang lebih baik, dan yang menjadi dasar yang kuat bagi pahala kita, maka kita harus mendekati Tuhan Allah kita.

Hagelberg: Ibr 10:4 - -- 10:4 Sebab tidak mungkin darah lembu jantan... menghapuskan dosa. Ayat ini mengingatkan kita bahwa tidak mungkin pengorbanan binatang dapat memungkin...

10:4 Sebab tidak mungkin darah lembu jantan... menghapuskan dosa.

Ayat ini mengingatkan kita bahwa tidak mungkin pengorbanan binatang dapat memungkinkan pengampunan dosa. Jadi korban-korban yang diatur dalam Perjanjian Lama tidak menghapuskan dosa, karena hanya darah Kristus yang dapat menghapuskan dosa. Darah korban-korban dalam Perjanjian Lama dapat dianggap seperti suatu catatan yang menyatakan bahwa hutang ini akan dibayar nanti, dengan darah Korban yang Sempurna. Tahun lepas tahun mereka mengorbankan lembu dan domba, jadi seolah-olah tahun lepas tahun mereka menulis catatan hutang itu. Seharusnya mereka rindu untuk melunasi hutang mereka. Justru itulah maksud dari hukum Taurat, supaya mereka yang di bawah hukum itu rindu kepada Mesias dan Perjanjian Baru. Masalahnya banyak dari mereka menjadi keras hati, dan tidak mau meninggalkan sistem agama mereka.

Hal ini dimengerti oleh Tuhan Yesus, maka waktu "Ia masuk ke dunia, Ia berkata: 'Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki....'" Dia mengerti bahwa Dia datang sebagai Korban yang sempurna. Dia tahu bahwa tujuan utama untuk Dia adalah menebus dosa kita.

Ada masalah dengan kutipan dalam pasal 10:5 ini, karena di dalam Mazmur 40:7-9a, yang dikatakan adalah "Engkau telah menggali telingaKu...." Dalam versi Septuaginta ini dianggap sebagai suatu kiasan di mana bukan saja telinga yang disediakan, tetapi tubuh juga, sehingga diterjemahkan, "Tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiKu." Penulis Surat Ibrani menganggap pengertian dan terjemahan itu tepat, sehingga dipakai di sini.

Dengan membaca pasal 10:9, "Yang pertama Ia hapuskan," para pembaca akan mengerti apa yang dikatakan juga oleh Rasul Paulus di dalam Kolose 2:14, bahwa ketentuan hukum yang mendakwa kita "ditiadakanNya dengan memakukannya pada kayu salib." Perjanjian Lama, yaitu hukum Taurat, tidak berlaku lagi sebagai sistem hukum atas umat Allah. Bukan Perjanjian Lama tidak berguna untuk dipelajari, tetapi sebagai suatu sistem undang-undang yang harus kita taati seperti bangsa Israel zaman dahulu, Perjanjian Lama tidak berlaku lagi.

Hagelberg: Ibr 10:4 - -- 10:4 Sebab tidak mungkin darah lembu jantan... menghapuskan dosa. Ayat ini mengingatkan kita bahwa tidak mungkin pengorbanan binatang dapat memungkin...

10:4 Sebab tidak mungkin darah lembu jantan... menghapuskan dosa.

Ayat ini mengingatkan kita bahwa tidak mungkin pengorbanan binatang dapat memungkinkan pengampunan dosa. Jadi korban-korban yang diatur dalam Perjanjian Lama tidak menghapuskan dosa, karena hanya darah Kristus yang dapat menghapuskan dosa. Darah korban-korban dalam Perjanjian Lama dapat dianggap seperti suatu catatan yang menyatakan bahwa hutang ini akan dibayar nanti, dengan darah Korban yang Sempurna. Tahun lepas tahun mereka mengorbankan lembu dan domba, jadi seolah-olah tahun lepas tahun mereka menulis catatan hutang itu. Seharusnya mereka rindu untuk melunasi hutang mereka. Justru itulah maksud dari hukum Taurat, supaya mereka yang di bawah hukum itu rindu kepada Mesias dan Perjanjian Baru. Masalahnya banyak dari mereka menjadi keras hati, dan tidak mau meninggalkan sistem agama mereka.

Hal ini dimengerti oleh Tuhan Yesus, maka waktu "Ia masuk ke dunia, Ia berkata: 'Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki....'" Dia mengerti bahwa Dia datang sebagai Korban yang sempurna. Dia tahu bahwa tujuan utama untuk Dia adalah menebus dosa kita.

Ada masalah dengan kutipan dalam pasal 10:5 ini, karena di dalam Mazmur 40:7-9a, yang dikatakan adalah "Engkau telah menggali telingaKu...." Dalam versi Septuaginta ini dianggap sebagai suatu kiasan di mana bukan saja telinga yang disediakan, tetapi tubuh juga, sehingga diterjemahkan, "Tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiKu." Penulis Surat Ibrani menganggap pengertian dan terjemahan itu tepat, sehingga dipakai di sini.

Dengan membaca pasal 10:9, "Yang pertama Ia hapuskan," para pembaca akan mengerti apa yang dikatakan juga oleh Rasul Paulus di dalam Kolose 2:14, bahwa ketentuan hukum yang mendakwa kita "ditiadakanNya dengan memakukannya pada kayu salib." Perjanjian Lama, yaitu hukum Taurat, tidak berlaku lagi sebagai sistem hukum atas umat Allah. Bukan Perjanjian Lama tidak berguna untuk dipelajari, tetapi sebagai suatu sistem undang-undang yang harus kita taati seperti bangsa Israel zaman dahulu, Perjanjian Lama tidak berlaku lagi.

Hagelberg: Ibr 10:10 - -- 10:10 ...kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus. Ayat ini berkata bahwa "kita telah dikuduskan." ...

10:10 ...kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.

Ayat ini berkata bahwa "kita telah dikuduskan." Kalau penulis surat ini memakai istilah "kudus," maksudnya lain dari arti yang dimaksudkan oleh Rasul Paulus. Dalam tulisan Paulus, orang percaya dapat menjadi semakin kudus, karena istilah ini dipakai berkaitan dengan sikap hati dan perbuatan kita sebagai orang percaya. Tetapi kalau kata yang sama dipakai dalam Surat Ibrani, kata itu berarti bahwa orang percaya sudah menjadi kudus, secara total (dengan harapan bahwa perbuatannya juga ikut menjadi kudus!) Paulus memakai kata ini dalam diskusi pengkudusan, sedangkan dalam Surat Ibrani kata ini dipakai dalam diskusi penebusan.

Ini sesuai dengan pemakaiannya di dalam ayat 10, di mana dikatakan bahwa kita "dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya." Kita sudah dikuduskan, dan tidak usah mengharapkan apa-apa dari korban bakaran di Bait Allah di Yerusalem.

Pasal 10:11-12 ada suatu kontras yang kuat di antara Imam Besar kita, yang sekarang sudah selesai dengan pelayanan pengorbananNya, sehingga Dia "duduk," dan imam-imam yang "berdiri" dan melayani "tiap-tiap hari" dan "berulang-ulang" kali. Hanya dalam terjemahan bahasa Indonesia istilah "berdiri" tidak kelihatan, sehingga kontrasnya kurang kelihatan. Tidak ada kursi di dalam Bait Allah di Yerusalem, karena pekerjaan imam-imam di dalam pelayanan itu tidak akan selesai dengan korban-korban binatang. Ini juga menjadi bukti bahwa pelayanan Yesus jauh lebih mulia dari pada pelayanan yang diatur dalam Perjanjian Lama. Mereka harus mengorbankan binatang terus-menerus, sedangkan "oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan."

Untuk menutup bagian ini sekali lagi dia mengutip dari Yeremia 31:33-34. Kutipan ini sangat menegaskan bahwa melalui Perjanjian Baru, di luar hukum Taurat, mereka akan mendapat berkat yang jauh lebih indah, dan dosa mereka akan diampuni.

Pasal 10:18 menegaskan bahwa kalau ada "pengampunan" seperti dijanjikan dalam Yeremia 31:34, maka tidak ada apa-apa lagi yang "dipersembahkan karena dosa," karena dosa manusia sudah dibereskan di hadapan Tuhan Allah. Pernyataan ini akan menjadi titik tolak bagi peringatan yang berikut, karena para pembaca pertama digodai untuk meninggalkan Korban yang Sempurna itu, walaupun sama sekali tidak ada korban yang lain di hadapan Allah yang hidup. Dalam peringatan yang berikut, yaitu pasal 10:19-39, bahaya yang mereka hadapi akan digambarkan.

Bagian ini (7:1-10:18) sudah membuktikan bahwa Imam Besar yang kita punyai adalah sangat mulia.

Hagelberg: Ibr 10:10 - -- 10:10 ...kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus. Ayat ini berkata bahwa "kita telah dikuduskan." ...

10:10 ...kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.

Ayat ini berkata bahwa "kita telah dikuduskan." Kalau penulis surat ini memakai istilah "kudus," maksudnya lain dari arti yang dimaksudkan oleh Rasul Paulus. Dalam tulisan Paulus, orang percaya dapat menjadi semakin kudus, karena istilah ini dipakai berkaitan dengan sikap hati dan perbuatan kita sebagai orang percaya. Tetapi kalau kata yang sama dipakai dalam Surat Ibrani, kata itu berarti bahwa orang percaya sudah menjadi kudus, secara total (dengan harapan bahwa perbuatannya juga ikut menjadi kudus!) Paulus memakai kata ini dalam diskusi pengkudusan, sedangkan dalam Surat Ibrani kata ini dipakai dalam diskusi penebusan.

Ini sesuai dengan pemakaiannya di dalam ayat 10, di mana dikatakan bahwa kita "dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya." Kita sudah dikuduskan, dan tidak usah mengharapkan apa-apa dari korban bakaran di Bait Allah di Yerusalem.

Pasal 10:11-12 ada suatu kontras yang kuat di antara Imam Besar kita, yang sekarang sudah selesai dengan pelayanan pengorbananNya, sehingga Dia "duduk," dan imam-imam yang "berdiri" dan melayani "tiap-tiap hari" dan "berulang-ulang" kali. Hanya dalam terjemahan bahasa Indonesia istilah "berdiri" tidak kelihatan, sehingga kontrasnya kurang kelihatan. Tidak ada kursi di dalam Bait Allah di Yerusalem, karena pekerjaan imam-imam di dalam pelayanan itu tidak akan selesai dengan korban-korban binatang. Ini juga menjadi bukti bahwa pelayanan Yesus jauh lebih mulia dari pada pelayanan yang diatur dalam Perjanjian Lama. Mereka harus mengorbankan binatang terus-menerus, sedangkan "oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan."

Untuk menutup bagian ini sekali lagi dia mengutip dari Yeremia 31:33-34. Kutipan ini sangat menegaskan bahwa melalui Perjanjian Baru, di luar hukum Taurat, mereka akan mendapat berkat yang jauh lebih indah, dan dosa mereka akan diampuni.

Pasal 10:18 menegaskan bahwa kalau ada "pengampunan" seperti dijanjikan dalam Yeremia 31:34, maka tidak ada apa-apa lagi yang "dipersembahkan karena dosa," karena dosa manusia sudah dibereskan di hadapan Tuhan Allah. Pernyataan ini akan menjadi titik tolak bagi peringatan yang berikut, karena para pembaca pertama digodai untuk meninggalkan Korban yang Sempurna itu, walaupun sama sekali tidak ada korban yang lain di hadapan Allah yang hidup. Dalam peringatan yang berikut, yaitu pasal 10:19-39, bahaya yang mereka hadapi akan digambarkan.

Bagian ini (7:1-10:18) sudah membuktikan bahwa Imam Besar yang kita punyai adalah sangat mulia.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ibr 10:1-6 - Imamat Kristus Rasul Paulus mengetahui dengan sangat baik bahwa orang-orang Ibrani, yang kepada mereka ia menulis suratnya, luar biasa senang dengan imamat Lewi,...

Matthew Henry: Ibr 10:7-18 - Imamat Kristus Imamat Kristus (10:7-18) Dalam perikop ini Rasul Paulus mengangkat dan meninggikan Tuhan Yesus Kristus, setinggi-tingginya seperti ia juga sudah me...

SH: Ibr 10:1-18 - Karya Kristus bagi masa lalu dan masa depan Anda (Selasa, 2 Mei 2000) Karya Kristus bagi masa lalu dan masa depan Anda Sebuah pertanyaan kritis dan menentukan bagi sebuah agama adalah bukan apa yang diminta oleh ag...

SH: Ibr 10:1-10 - Bukan kurban melainkan iman (Sabtu, 5 November 2005) Bukan kurban melainkan iman Tidak perlu menjadi orang pintar untuk mengetahui bahwa manusia lebih tinggi dan mulia daripada binatang. Oleh kar...

SH: Ibr 10:1-18 - Sudah Ada Kristus, Cukuplah! (Kamis, 24 Agustus 2017) Sudah Ada Kristus, Cukuplah! Mengikut Kristus adalah keputusan yang harus dijalani dengan tekad yang kuat. Karena hal itu menyangkut perubahan cara h...

SH: Ibr 10:1-18 - Garansi Seumur Hidup (Senin, 3 Juli 2023) Garansi Seumur Hidup Setiap barang dibuat untuk bertahan dalam jangka waktu tertentu. Kita jarang menjumpai barang yang dijual dengan garansi seumur ...

SH: Ibr 10:11-18 - Dibebaskan secara sempurna (Minggu, 6 November 2005) Dibebaskan secara sempurna Orang yang menyandarkan diri kepada Hukum Taurat untuk keselamatannya, akan mendapatkan diri terus-menerus dituntut...

Utley: Ibr 10:1-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 10:1-101 Di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hakekat dari kesel...

Utley: Ibr 10:11-18 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 10:11-1811 Selanjutnya setiap imam melakukan tiap-tiap hari pelayanannya dan berulang-ulang mempersembahkan korban yang sam...

Topik Teologia: Ibr 10:1 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Memiliki Kesadaran Moral Mereka dengan Sah Merasakan Be...

Topik Teologia: Ibr 10:3 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Beribadah kepada Allah Sikap dalam Beribadah Beribadah d...

Topik Teologia: Ibr 10:4 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kristus Ob...

Topik Teologia: Ibr 10:5 - -- Yesus Kristus Kambing Jantan Ima 16:20-22 Yes 53:6,12 Ibr 10:4-6 Yesus Memiliki Tubuh Jasmaniah Yo...

Topik Teologia: Ibr 10:6 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kristus Ob...

Topik Teologia: Ibr 10:7 - -- Keselamatan Kematian Kristus sebagai Tindakan Penyelamatan Kematian Kristus adalah Penebusan yang Sempurna Ajaran Perjanjian Baru ...

Topik Teologia: Ibr 10:8 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kristus Je...

Topik Teologia: Ibr 10:10 - -- Yesus Kristus Bakaran Ima 1:2,4 Ibr 10:8-10 Yesus Memiliki Tubuh Jasmaniah Yoh 1:14 Yoh 2:21 Kis 2...

Topik Teologia: Ibr 10:11 - -- Keselamatan Kematian Kristus sebagai Tindakan Penyelamatan Kematian Kristus adalah Penebusan yang Sempurna Ajaran Perjanjian Baru ...

Topik Teologia: Ibr 10:12 - -- Yesus Kristus Penggenapan Kis 2:32 Kis 5:31 Kis 7:55-56 Efe 1:20 Fili 2:9-11 Kol 3:1 Ibr 1:3 Ibr 8:1 Ibr 10:12 1Pe 3:22...

Topik Teologia: Ibr 10:14 - -- Keselamatan Keselamatan Dinyatakan Secara Pribadi Kel 14:13 Kel 15:2 2Sa 22:3 Maz 13:6 Maz 27:1 Maz 62:2 Maz 86:13 Maz 118:14 Maz 1...

Topik Teologia: Ibr 10:15 - -- Roh Kudus Roh yang Bersaksi Yoh 15:26 Kis 5:32 Rom 8:16 Ibr 10:15 1Yo 4:2 1Yo 5:6-8 Sifat Ilahi Roh Kudus Wahyu Allah ...

Topik Teologia: Ibr 10:16 - -- Roh Kudus Sifat Ilahi Roh Kudus Wahyu Allah Wahyu Melalui Kitab Suci Maz 1:1-3 Maz 19:7-11 Maz 119:1-4 Maz 119:13-16 Maz 11...

TFTWMS: Ibr 10:1-10 - Kedudukan Korban Kedudukan Korban (Ibrani 10:1-10) Sifat tidak memadai korban hewan di bawah perjanjian lama ditekankan dalam 10:1-10. Pemikiran ini ditunjukkan oleh ...

TFTWMS: Ibr 10:1-2 - Korban Adalah Bayangan KORBAN ADALAH BAYANGAN (Ibrani 10:1, 2) 1 [Sebab] di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hak...

TFTWMS: Ibr 10:3-4 - Korban Itu Adalah Pengingat KORBAN ITU ADALAH PENGINGAT (Ibrani 10:3, 4) 3 Tetapi justru oleh korban-korban itu setiap tahun orang diperingatkan akan adanya dosa. 4 Sebab tidak ...

TFTWMS: Ibr 10:5-7 - Korban Itu Menggambarkan Korban Yang Sebenarnya KORBAN ITU MENGGAMBARKAN KORBAN YANG SEBENARNYA (Ibrani 10:5-7) 5 Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: " Korban dan persembahan tida...

TFTWMS: Ibr 10:8-10 - Korban Itu Adalah Perjanjian Pertama KORBAN ITU ADALAH PERJANJIAN PERTAMA (Ibrani 10:8-10) 8 Di atas Ia berkata: "Korban dan persembahan, korban bakaran dan korban penghapus dosa ti...

TFTWMS: Ibr 10:11-18 - Dikuduskan Oleh Kristus Dikuduskan Oleh Kristus (Ibrani 10:11-18) Setelah menekankan ketidakcukupan pelbagai korban binatang, penulis kitab Ibrani itu selanjutnya menunjukka...

TFTWMS: Ibr 10:11-12 - Kristus, Tuhan Kita Yang Duduk KRISTUS, TUHAN KITA YANG DUDUK (Ibrani 10:11, 12) 11 Selanjutnya setiap imam melakukan tiap-tiap hari pelayanannya dan berulang-ulang mempersembahkan...

TFTWMS: Ibr 10:13-14 - Kristus, Imam Kita Yang Menantikan KRISTUS, IMAM KITA YANG MENANTIKAN (Ibrani 10:13, 14) 13 Dan sekarang Ia hanya menantikan saatnya, di mana musuh-musuh-Nya akan dijadikan tumpuan kak...

TFTWMS: Ibr 10:15-18 - Kristus, Penebusan Penuh Kita KRISTUS, PENEBUSAN PENUH KITA (Ibrani 10:15-18) 15 Dan tentang hal itu Roh Kudus juga memberi kesaksian kepada kita, 16 Sebab setelah Ia berfirman: &...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Disebutkan Tema : Perjanjian yang Lebih Baik Tanggal Penulisan: 67-69 M (tidak dapat dipastikan) Latar Belakang...

Full Life: Ibrani (Garis Besar) Garis Besar I. Argumentasi: Kristus dan Iman Kristen Lebih Unggul daripada Agama Orang Yahudi (Ibr 1:1-10:18) ...

Matthew Henry: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Mengenai surat kerasulan ini kita harus mengadakan penyelidikan atas, I. Otoritas ilahi dari surat ini, sebab ada beberapa orang yang memper...

Jerusalem: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG-ORANG IBRANI KATA PENGANTAR Kepada siapakah surat ini ditudjukan Djudul surat ini "Kepada orang-orang Ibrani" sudah terdapat pada n...

Hagelberg: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Latar Belakang Selain orang-orang Yahudi yang tinggal di Israel, ada yang tersebar di mana-mana pada zaman Perjanjian Baru. M...

Hagelberg: Ibrani (Garis Besar) GARIS BESAR ibrani I. Pendahuluan (1:1-4) II. Bagian Pertama: Anak Allah adalah Raja dari Allah (1:5-4:16) A. Raja/An...

Hagelberg: Ibrani DAFTAR PUSTAKA ibrani Daftar Kepustakaan Hodges, Zane, bahan kuliah dari Greek 225, "Epistle to the Hebrews," Dallas Theological Seminary, ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Ringkasan Ibrani 9:16-10:39 Dengan mempelajari bagian ini, kita akan menyimpulkan bagian doktrin kitab Ibrani. Sepuluh pasal ini telah diisi deng...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) BAYANGAN ATAU KENYATAAN (Ibrani 10:1) Memang lebih baik memiliki makanan bergizi daripada membaca buku cara memasak. Memang bagus bagi seorang pria u...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) TAK ADA YANG LUPUT DARI DOSA (Ibrani 10:1, 3) Korban-korban tahunan tidak menghapus dosa, sehingga tidak ada orang yang dibuat "sempurna"...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) KHOTBAH DALAM KHOTBAH (Ibrani 10:1-18) Penulis Ibrani sedang meninjau ulang dan menggunakan kembali pokok-pokok pikiran yang disajikan sebelumnya dal...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Neil R. Lightfoot, Jesus Christ Today: A Commentary on the Book of Hebrews (Grand Rapids, Mich.: Baker Book House, 1976), 183. Kor...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) DARAH LEMBU DAN DARAH DOMBA TIDAK BISA MENYELAMATKAN (Ibrani 10:4) Tidak ada alternatif lain selain darah Kristus. Kita diselamatkan melalui darah it...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) ALLAH TIDAK BERKENAN DENGAN KORBAN BAKARAN (Ibrani 10:6) Beberapa teolog sekarang ini mengklaim bahwa Allah tidak pernah menginginkan umat-Nya membua...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PASUKAN SUKARELA (Ibrani 10:8-10) "Kapten" (Ibrani 2:10; KJV) adalah istilah yang digunakan pada zaman Raja James untuk mengacu kepada pemi...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) APA YANG YESUS LAKUKAN TERHADAP PERJANJIAN LAMA (Ibrani 10:9) Ungkapan "menghapuskan" adalah kata tunggal Yunani (aÓnaire÷w, anaireo) yan...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) APA YANG PENGUDUSAN BOLEHKAN (Ibrani 10:10) Tanpa pengudusan, orang tidak dapat melihat Tuhan (Ibrani 12:14), tetapi dengan pengudusan (atau kesucian...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) BERDIRI, TIDAK DUDUK (Ibrani 10:11, 12) Tidak ada yang duduk di hadapan Ilah tanpa izin ilahi. Para imam yang melayani di kemah suci atau bait suci t...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Gareth L. Reese, A Critical and Exegetical Commentary on the Epistle to the Hebrews (Moberly, Mo.: Scripture Exposition Books, 199...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PENGADILAN SEKARANG? (Ibrani 10:13) Allah mungkin mengizinkan hukuman menimpa kita selagi kita hidup sebagai akibat dosa. Hal ini seharusnya membuat ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) BAGAIMANA ROH MASIH BERSAKSI KEPADA KITA (Ibrani 10:15) Roh "memberi kesaksian," atau bertindak sebagai "saksi" (KJV), melalui ke...

BIS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG IBRANI PENGANTAR Surat Kepada Orang Ibrani ini ditujukan kepada sekelompok orang Kristen, yang karena terus-menerus mengalami tek

SURAT KEPADA ORANG IBRANI

PENGANTAR

Surat Kepada Orang Ibrani ini ditujukan kepada sekelompok orang Kristen, yang karena terus-menerus mengalami tekanan, mungkin akan murtad dari kepercayaan mereka kepada Kristus. Penulis surat ini berusaha mendorong mereka supaya tetap percaya. Untuk itu ia menunjukkan bahwa Yesus Kristus adalah pernyataan Allah yang sempurna. Tiga perkara dikemukakan oleh penulis surat ini. Pertama, Yesus adalah Anak Allah -- Anak yang kekal. Anak Allah itu menunjukkan ketaatan-Nya kepada Bapa melalui ketabahan-Nya untuk menderita. Sebagai Anak Allah, Yesus lebih tinggi dari nabi-nabi dalam Perjanjian Lama. Ia pun lebih tinggi dari malaikat atau Musa sendiri. Kedua, Allah telah menyatakan Yesus sebagai imam abadi yang lebih tinggi daripada imam-imam dalam Perjanjian Lama. Ketiga, dengan perantaraan Yesus, orang yang percaya kepada-Nya dibebaskan dari dosa dan dari ketakutan dan kematian. Sebagai Imam Agung, Yesus memberikan kepada manusia keselamatan sejati yang tidak dapat diberikan oleh upacara- upacara persembahan kurban dan upacara-upacara lainnya di dalam agama Yahudi. Upacara-upacara itu hanya dapat memberikan gambaran dari keselamatan sejati itu saja, lain tidak.

Dengan mengemukakan contoh-contoh iman dari tokoh-tokoh terkenal dalam sejarah Israel (pasal 11 Ibr 11:1-40), penulis surat ini menganjurkan para pembacanya supaya tetap setia. Di dalam pasal 12 (Ibr 12:1-29) ia mendorong mereka supaya terus setia sampai akhir, dengan hanya melihat pada Yesus. Ia mendorong mereka juga supaya tabah menderita dan tabah menanggung tekanan-tekanan dan penganiayaan terhadap diri mereka. Surat ini diakhiri dengan nasihat dan peringatan.

Isi

  1.  Pendahuluan: Kristus adalah pernyataan Allah yang sempurna
    Ibr 1:1-3
  2.  Kristus lebih tinggi dari malaikat
    Ibr 1:4-2:18
  3.  Kristus lebih tinggi dari Musa dan Yosua
    Ibr 3:1-4:13
  4.  Keistimewaan pekerjaan Kristus sebagai imam
    Ibr 4:14-7:28
  5.  Keistimewaan perjanjian Kristus
    Ibr 8:1-9:28
  6.  Keistimewaan kurban Kristus
    Ibr 10:1-39
  7.  Pentingnya iman
    Ibr 11:1-12:29
  8.  Nasihat dan penutup
    Ibr 13:1-25

Ajaran: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti pokok-pokok ajaran dari Kitab Ibrani, dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendahuluan Pen

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti pokok-pokok ajaran dari Kitab Ibrani, dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pendahuluan

Penulis : Hanya Tuhan yang tahu (kemungkinan Rasul Paulus).

Tahun : Sekitar tahun 64-68 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang percaya yang berlatar belakang Yahudi. Mereka sedang mengalami penganiayaan dan ejekan karena iman Kristen. (Dan juga kepada semua jemaat Kristen di dunia).

Isi Kitab: Kitab Ibrani terbagi atas 13 pasal. Di dalam Kitab ini kita dapat melihat ajaran penguatan iman Kristen bagi orang-orang yang sudah mulai mundur dari imannya, yang disebabkan oleh penganiayaan dari orang-orang yang bukan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ibrani

  1. Pasal 1-6 (Ibr 1:1-6:12).

    Pengajaran tentang Yesus yang memiliki kedudukan tertinggi

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa semua yang mau kita ketahui tentang Allah dapat diketahui melalui Tuhan Yesus, karena Ia adalah Cahaya Kemuliaan Allah, Penyuci dosa. Ia adalah Pencipta, dan juga lebih tinggi dari para malaikat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ibr 1:2-4. Kalau Yesus lebih tinggi dari pada para malaikat dan Ia adalah Pencipta, penyuci dosa, maka hendaknya setiap orang Kristen berhati- hati dalam kehidupannya sehari-hari, karena Ia sudah mengambil keputusan untuk menerima Penebusnya.
    2. Bacalah pasal Ibr 5:11-14; 6:4-6. Berikanlah pendapat saudara mengenai bagian ini.
  2. Pasal 6-10 (Ibr 6:13-10:18).

    Pengajaran tentang Yesus sebagai imam besar yang paling berkuasa

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa Yesus adalah Jalan ke tempat kudus, karena Ia telah membebaskan orang percaya dari Iblis dan maut serta ketakutan dari hukuman dosa.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ibr 7:25-27. _Tanyakan_: Apakah yang sanggup dilakukan oleh Yesus dalam hidup saudara? Adakah imam yang memenuhi syarat dalam ayat 26; Ibr 7:26, selain Tuhan Yesus? Apakah yang membedakan Tuhan Yesus dari imam-imam yang lain? Siapakah imam saudara untuk dapat datang kepada Allah?
    2. Bacalah pasal Ibr 10:3-4,11-18. _Tanyakan_: Apakah darah hewan (domba) dapat menebus dosa manusia? Domba apakah yang menjadi korban orang Kristen? Apakah persembahan korban yang dilakukan oleh imam-imam dunia dapat menghapuskan dosa? Apakah yang dilakukan oleh Tuhan Yesus bagi orang Kristen (manusia)? (lihat ayat 12-18; Ibr 10:12-18)
  3. Pasal 10-13 (Ibr 10:19-13:25).

    Pengajaran yang berupa nasehat bagi orang-orang Kristen

    1. Peringatan untuk mengingat masa yang lalu.

      Pendalaman

      Bacalah pasal Ibr 10:13-39. Karena itu tetaplah setia, maka kita akan memperoleh hidup yang kekal.

    2. Peringatan untuk mengingat Bapa-bapa beriman pada jaman dahulu.

      Pendalaman

      Bacalah pasal 11; Ibr 11:1-40. Dengan mengingat Bapa-bapa beriman, diharapkan agar setiap orang Kristen dikuatkan, karena hal itu membuktikan bahwa apa yang dijanjikan Allah adalah benar.

    3. Peringatan untuk mengingat pengharapan iman.

      Pendalaman

      Bacalah pasal Ibr 12:28; 13:5. Karena ada janji yang pasti dari Allah akan jaminan masa yang akan datang dan sekarang, maka hendaknya sebagai orang-orang yang sudah ditebus dari dosa, kita jangan mundur.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Ibrani?
  2. Apakah pusat pengajaran Kitab Ibrani?
  3. Apakah yang dimaksudkan dengan iman?
  4. Apakah kelebihan Tuhan Yesus dari manusia lain?

Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Kabar baik tentang hal-hal yang lebih baik SIAPA PENULIS SURAT IBRANI?Kita sama sekali tidak tahu siapa penulis surat Ibrani. Meskipun surat ini diak

Kabar baik tentang hal-hal yang lebih baik

SIAPA PENULIS SURAT IBRANI?
Kita sama sekali tidak tahu siapa penulis surat Ibrani. Meskipun surat ini diakhiri dengan salam hangat, tetapi tidak terdapat alamat pada awal tulisan! Secara umum orang berpendapat bahwa Paulus yang menulis surat ini, tetapi Ibrani 2:3 mengatakan bahwa penulis mendengar Injil dari orang lain yang mendengar sendiri ajaran Yesus. Paulus menyatakan dengan tegas bahwa ia tidak pernah mendengar Injil dari orang lain (Gal 1:12). Penulisnya boleh jadi orang Lewi yang bernama Barnabas (Kis 4:36) yang mengetahui seluk beluk para imam dan pekerjaan mereka. Lukas merupakan kemungkinan ketiga; gaya penulisan Ibrani mirip dengan gaya penulisan Injil Lukas dan Kisah para Rasul. Yang keempat, Apolos mengenal Timotius dengan baik (13:23). Pula, Kisah 18:24 menyatakan bahwa Apolos adalah 'seorang yang mahir dalam soal-soal Kitab Suci'. Siapa pun penulis Ibrani, ia pasti seorang yang mahir dalam soal-soal Kitab Suci! Dan masih ada banyak pendapat lain. Pada akhirnya kita harus mengatakan bahwa tidak seorang pun mengetahui siapa penulis surat ini!

SIAPA PENERIMA SURAT INI?
Karena tidak ada alamat pada surat ini, maka kita tidak tahu siapa penerimanya. Penulis menyatakan suratnya sebagai 'nasihat' (13:22). Tetapi, siapa yang ia nasihati? Mereka adalah orang-orang yang telah dianiaya (Ibr 10:32-34 ). Penulis mengenal mereka secara pribadi dan berharap untuk segera mengunjungi mereka (13:19 dan 23). Mereka mempunyai potensi untuk menjadi pemimpin, tetapi tidak mengalami kemajuan (5:12). Mereka adalah orang-orang berbahasa Yunani; surat ini ditulis mungkin dalam bahasa Yunani terbaik dari seluruh Perjanjian Baru. Oleh karena itu, hampir dapat dipastikan mereka bukanlah orang Yahudi yang tinggal di Yudea. Tetapi, sama pasti pula mereka adalah orang Yahudi. Orang bukan Yahudi tidak mungkin dapat mengerti hukum Yahudi secara rinci. Mereka mungkin hidup di Roma. Hal ini dapat menjelaskan salam yang terdapat dalam 13:24 dari orang Kristen Italia.

MENGAPA SURAT IBRANI DITULIS?
Ada dua kemungkinan. Jika kelompok penerima surat ini adalah Kristen, surat ini merupakan peringatan bagi mereka tentang bahaya kemurtadan, meninggalkan Kristus. Tetapi, mungkin kelompok ini adalah orang Yahudi yang masih belum dapat memutuskan, merasa ragu-ragu antara keputusan mengikuti Kristus atau kembali kepada cara-cara ibadat mereka yang lama.

WAKTU PENULISAN.
Clemen dari Roma mengetahui surat ini, maka surat ini pasti ditulis sebelum tahun 95 M. Dan karena Ibr 10:1-3 menyatakan bahwa korban masih dipersembahkan, maka mungkin surat ini ditulis sebelum tahun 70 M, ketika Bait Suci dihancurkan. Jika penganiayaan yang disebut dalam pasal 10 dilakukan oleh Nero, maka surat ini ditulis sesudah kebakaran di Roma, yaitu tahun 64 M.

Pesan

1. Nasihat.
Ibrani merupakan suatu imbauan yang mengingatkan bahwa kita harus maju terus, bertumbuh dan menjadi dewasa. Kristen selalu tergoda untuk bertahan dalam suatu titik, untuk memperkuat diri dan tidak berani menanggung risiko untuk lebih maju dalam kehidupan iman.

2. Peringatan.
Nasihat untuk maju terus selalu diikuti dengan suatu peringatan akan adanya akibat yang serius apabila tetap berdiam diri atau mundur. Khususnya perhatikan lima pasal yang berisi peringatan:

o Tidak bisa luput! Ibr 2:1-4
o Berpegang teguh! Ibr 3:7-19
o Tidak ada mundur! Ibr 6:1-20
o Tidak ada korban lain! Ibr 10:19-39
o Tidak bisa luput! Ibr 12:25-29

3. Perbandingan.
Penulis ingin sekali menunjukkan kepada kita nilai Perjanjian Lama untuk dapat memahami Perjanjian Baru. Dewasa ini banyak orang Kristen yang mengabaikan Perjanjian Lama. Ibrani menunjukkan kepada kita kesinambungan dan perbedaan antara kedua perjanjian tersebut.

4. Sebuah kemah dan bukan Bait Allah.
Walaupun Bait Suci di Yerusalem hampir dapat dipastikan masih berdiri, penulis di sini memakai istilah kemah, seperti digambarkan dalam Keluaran 25:1-27:21, sebagai gambaran penyembahan yang murni yang darinya dapat dipakai untuk memberikan gambaran penyembahan Kristen. Kemah sangat cocok untuk mereka yang berpindah-pindah, Bait Allah cocok untuk orang yang menetap. Ibrani menantang pola kehidupan kita yang menetap dan nyaman dengan corak kehidupan musafir sebagai gantinya (Ibr 11:16).

Penerapan

Ibrani memunculkan pertanyaan tentang jaminan keselamatan Kristen. Dapatkah Kristen diselamatkan hari ini dan terhilang di kemudian hari? Ayat-ayat seperti Yohanes 10:29 tampaknya mengatakan bahwa hal itu tidak mungkin. Namun demikian, kita sering menemukan orang-orang yang dahulu tampaknya Kristen, tetapi sekarang menyangkal Kristus. Pasal-pasal peringatan dalam Ibrani seolah-olah menyarankan bahwa orang Kristen masih tetap bebas untuk kembali kepada cara hidup mereka yang lama: "Karena kita telah beroleh bagian di dalam Kristus, asal saja kita teguh berpegang sampai kepada akhirnya pada keyakinan iman kita yang semula" (Ibr 3:14). "Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya... tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat..." (Ibr 6:4-6). "Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu, tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman" (Ibr 10:26-27). Jika surat ini dikirim kepada orang Yahudi yang telah menggabungkan diri dengan gereja Kristen, tetapi tidak mau menyerahkan diri mereka kepada Kristus, maka pengajarannya jelas: terus atau tinggalkan! Tetapi, jika surat ini ditulis kepada orang Kristen, surat ini tampaknya menegaskan bahwa sekalipun telah menjadi Kristen kita tetap diberi kesempatan untuk memilih keluar lagi. Yang terakhir ini sukar diterima sebagai ajaran Ibrani, sebab bertentangan dengan kata-kata Yesus sendiri (seperti dalam Yoh 10:29), berlawanan dengan berbagai analogi keselamatan (dapatkah seorang Kristen dibatalkan kelahiran kembalinya?) dan menentang kuasa Tuhan yang mampu menjaga keselamatan domba-domba-Nya.

Oleh karenanya, ajaran Ibrani adalah:

o Tidak ada kekristenan yang setengah-setengah. Terus atau keluar!
o Iman selalu menjadi kunci dari kehidupan yang dituntut oleh Allah.
Bagaimanapun juga, iman bukanlah semata-mata percaya tentang sesuatu, tetapi
merupakan perbuatan ketaatan.
o Perjanjian Lama dapat secara sah digunakan untuk menjelaskan ajaran

Perjanjian Baru. Seluruh isi Alkitab adalah firman Allah.

Tema-tema Kunci

1. Keunggulan Kristus.
Ini adalah topik yang sangat jelas dalam bagian pertama surat Ibrani (1-10). Bacalah seluruh pasal ini dan tulislah semua haI yang menyebutkan Kristus adalah yang "tertinggi". Mulai dari Ibr 1:4 Yesus mempunyai nama yang jauh lebih indah. Apa artinya? Telusurilah makna dari "keunggulan" Kristus.

2. Melkisedek.
Melkisedek hanya disebut dalam Ibrani 5-7 dalam Perjanjian Baru, dan dalam Kejadian 14 serta Mazmur 110 dalam Perjanjian Lama. Pelajarilah pasal-pasal ini. Pakailah kamus Alkitab untuk dapat mengetahui lebih banyak tentang dia dan arti namanya. Siapakah dia? Apa yang dilakukannya? Dan, apa kepentingan Melkisedek dalam argumentasi yang dikembangkan oleh penulis bagi surat Ibrani?

3. Perjanjian Lama.
Tulislah semua kutipan langsung dari Perjanjian Lama yang Anda temui dalam Ibrani. Catat juga acuan yang tidak langsung ke Perjanjian Lama. Amatilah prinsip-prinsip yang tampaknya dipelajari dengan menggunakan Perjanjian Lama. Bagaimana hal ini menunjukkan kepada kita tentang pendekatan terhadap Perjanjian Lama?

4. Iman
Bacalah seluruh Ibrani 11. Tulislah semua perbuatan yang telah dilakukan oleh berbagai orang tersebut. Bagaimana penekanan tentang 'iman yang bekerja' sehubungan dengan definisi tentang iman dalam ayat 1? Pelajarilah ayat-ayat 32-38 tentang iman. Apa yang dilakukan oleh para pelaku iman yang namanya disebutkan dalam pasal ini? Berapa banyak perbuatan dan pengalaman yang disebut di sana yang dapat Anda hubungkan dengan peristiwa atau orang-orang yang disebut dalam Alkitab?

Garis Besar Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) [1] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA PARA MALAIKAT Ibr 1:1-2:18 Ibr 1:1-14Suatu perbedaan Ibr 2:1-4Suatu peringatan Ibr 2:5-18Kerendahan hati

[1] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA PARA MALAIKAT Ibr 1:1-2:18

Ibr 1:1-14Suatu perbedaan
Ibr 2:1-4Suatu peringatan
Ibr 2:5-18Kerendahan hati Putra Allah

[2] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA MUSA Ibr 3:1-19

Ibr 3:1-6Putra Allah dan hamba
Ibr 3:7-19Peringatan

[3] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA YOSUA Ibr 4:1-13

[4] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA IMAM BESAR Ibr 4:14-10:39

Ibr 4:14-5:14Lebih tinggi daripada Harun
Ibr 6:1-20Peringatan dan imbauan

Lebih tinggi daripada Melkisedek:

Ibr 7:1-10Kebesaran Melkisedek
Ibr 7:11-19Keimaman yang baru
Ibr 7:20-25Keimaman yang tetap
Ibr 7:26-28Putra Allah yang sempurna
Ibr 8:1-13Perjanjian yang unggul

Pengorbanan yang terbaik:

Ibr 9:1-10Keterbatasan yang lama
Ibr 9:11-28Kesempurnaan yang baru
Ibr 10:1-18Tubuh Kristus
Ibr 10:19-39Imbauan dan peringatan

[5] KEHIDUPAN IMAN Ibr 11:1-13:17

Ibr 11:1-3Definisi iman
Ibr 11:4-22Dari Habel sampai Keluaran
Ibr 11:23-31Dari Mesir sampai Kanaan
Ibr 11:32-38Hakim-hakim, raja-raja dan nabi-nabi
Ibr 11:39-40Hari depan yang lebih baik
Ibr 12:1-2Contoh: lihat pada Yesus
Ibr 12:3-11Hidup sebagai keluarga Allah
Ibr 12:25-29Peringatan
Ibr 12:12-24Kekudusan: bukan suatu pilihan tambahan
Ibr 13:1-6Kekudusan dalam praktek
Ibr 13:7-17Kepemimpinan dan kemuridan

[6] KESIMPULAN Ibr 13:18-25

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #06: Pada Tampilan Alkitab, Tampilan Daftar Ayat dan Bacaan Ayat Harian, seret panel kuning untuk menyesuaikan layar Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 1.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA